Wed. Feb 1st, 2023

Hi sobat Tipntrik! Mengatur keuangan dengan baik memerlukan komitmen dan disiplin yang patuhi. Memang saat memulai menata keuangan dapat menyebabkan batasan dan dapat merubah pola gaya hidup. Namun jika sudah terbiasa dengan hal tersebut, Sobat akan dapat mencapai tujuan keuangan yang ditargetkan dan menjalani hidup yang lebih tenang dan stabil secara finansial.

Mengatur keuangan dengan baik tidak hanya sekedar untuk menghindari dari pemborosan dan mencapai suatu impian, tetapi untuk mendapatkan rasa tenang dimasa depan ketika mendapat kesulitan finansial dan mampu melewati hal tersebut dengan mudah. Lantas bagaimana agar bisa terkelola dengan baik? Yuk simak!

Tips Mengatur Keuangan Dengan Baik

1. Buat Rencana Keuangan

Rencana keuangan adalah dokumen yang mencakup tujuan finansial, pengeluaran, pemasukan, dan strategi untuk mencapai tujuan finansial tersebut. Rencana keuangan dapat dibuat untuk jangka waktu bulanan, tahunan, atau jangka panjang, dan dapat diubah sesuai dengan perubahan dalam situasi keuangan.

Rencana keuangan dapat membantu untuk:

  • Rencana masa depan

Menentukan tujuan finansial jangka panjang: Misalnya, membeli rumah, melakukan perjalanan, atau pensiun dini.

  • Strategi finansial

Menyusun strategi untuk mencapai tujuan finansial: Misalnya, dengan menyisihkan uang untuk dana darurat, menabung untuk investasi, atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

  • Bijak dalam keuangan

Membuat keputusan keuangan yang bijak: Untuk membuat keputusan keuangan yang bijak dengan menentukan prioritas yang mana harus atau hanya sekedar keinginan saja.

Membuat rencana keuangan yang baik dan mengikuti rencana tersebut secara konsisten dapat membantu memudahkan dalam membiasakan mengelola keuangan dengan baik. Namun, harus diingat bahwa rencana keuangan harus dapat diubah sesuai dengan perubahan dalam situasi keuangan.

2. Menentukan Prioritas Keuangan

Menentukan prioritas keuangan merupakan langkah penting dalam mengatur keuangan dengan baik. Berikut beberapa cara untuk menentukan prioritas keuangan:

  • Prioritaskan pembayaran utang

Jika Sobat memiliki utang, prioritaskan pembayaran utang terlebih dahulu, seperti utang kartu kredit atau pinjaman pribadi dengan tingkat bunga yang tinggi.

  • Atur ulang prioritas:

Atur ulang prioritas keuangan secara berkala untuk memastikan bahwa kondisi keuangan tetap mengikuti rencana keuangan yang sesuai dan mencapai tujuan finansial yang diharapkan.

Menentukan prioritas keuangan memerlukan komitmen dan disiplin. Namun, dengan melakukannya, Sobat dapat mencapai tujuan finansial dan mengelola uang dengan lebih baik.

3. Mengatur Pengeluaran Keuangan

Mengatur pengeluaran keuangan dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

  • Buat daftar pengeluaran

Buatlah daftar pengeluaran secara rinci, termasuk pengeluaran rutin seperti biaya sewa atau hipotek, biaya bahan makanan pokok atau sehari-hari, dan biaya transportasi. Urutkan pengeluaran ini berdasarkan keperluan saja.

  • Analisis biaya

Analisis pengeluaran berfungsi untuk mengetahui bagaimana pengeluaran dapat dibandingkan dengan jumlah pemasukan atau pendapatan. Ini akan membantu untuk memutuskan bagaimana mengelola pengeluaran keuangan dengan lebih baik.

  • Buat anggaran

Buat anggaran bulanan atau tahunan yang mencakup pengeluaran, pendapatan, dan tujuan keuangan jangka panjang. Anggaran ini akan membantu untuk mengelola pengeluaran sehingga dapat mengobservasi untuk apa saja anggaran tersebut digunakan.

  • Pahami kebutuhan dan keinginan

Saat membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kebutuhan seperti pangan, papan dan kesehatan harus didahulukan dari kebutuhan seperti belanja atau hiburan serta lifestyle yang berlebihan.

  • Memangkas biaya pengeluaran

Cari biaya yang dapat dikurangkan atau dipangkas seperti jajan, transportasi, atau hiburan.

  • Gunakan teknologi

Menggunakan program atau aplikasi yang dapat membantu Sobat mengelola pengeluaran, seperti aplikasi manajemen uang atau aplikasi pengingat tagihan.

  • Catat Estimasi biaya reguler

Tinjau pengeluaran Sobat secara teratur untuk memastikan tetap dalam anggaran pengeluaran yang sudah di estimasikan dan lihat total dan biaya yang dikeluarkan.

Mengatur pengeluaran keuangan memerlukan komitmen dan disiplin. Namun, dengan melakukannya, akan dengan mudah dapat mengelola uang dengan lebih baik dan mencapai tujuan finansial. Jangan lupa untuk tetap fleksibel dan siap untuk mengubah rencana sesuai dengan perubahan situasi finansial Sobat.

Memang jika belum terbiasa akan terasa sulit untuk menerapkan beberapa tips mengatur keuangan tersebut. Tapi demi kebaikan finansial para sobat Tipntrik, jadi tetap semangat dalam berupaya untuk melakukan perubahan kelola keuangan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

By Safira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *