Tue. May 30th, 2023

Ketika anak berusia 0-5 tahun, ia berada pada tahap golden age (masa emas). Masa ini merupakan masa dimana pertumbuhan dan kemajuan anak sedang dalam masa anggun-bagusnya. Oleh alasannya itu hendaknya orang tua mengarahkan anak ke dalam banyak sekali acara faktual.

Sebab lewat berbagai kegiatan konkret ini anak yang sedang dalam masa golden age tadi pertumbuhan dan perkembangannya akan terarah dengan baik. Selain itu di saat masa golden age ini anak akan lebih mudah menyerap apa yang oleh orang tua dan lingkungannya ajarkan.

Jika orang renta dan lingkungannya mengajarkan hal-hal baik ketika ia pada masa golden age maka kebiasaan itu akan terbawa sampai ia besar.

Begitu juga sebaliknya ketika ia banyak mendapat efek negatif dari lingkungannya maka perilaku buruklah yang akan ia miliki dan kemungkinan akan terus dimiliki sampai anak cukup umur. Nah salah satu kegiatan yang bisa anda berikan kepada buah hati anda yang berusia 0-5 tahun yakni menggambar dan mewarnai. Sebab menggambar dan mewarnai ini memiliki beberapa manfaat positif untuk buah hati anda.

Apa Manfaat Mengajarkan Anak Menggambar Dan Mewarna?

1. Sebagai Wadah Ekspresi kreasi Anak

Dengan menggambar dan mewarnai anak bisa mengekspresikan dirinya tergantung apa yang ia senangi. Bisa jadi ia hanya membentuk gambar-gambar tidak terperinci dengan variasi berbagai warna, ataupun ia akan menggambar tokoh-tokoh maupun benda-benda yang ia sukai dan sering ia lihat. Biasanya makin cukup umur anak kesanggupan menggambarnya kian baik jika memang diasah semenjak dini.

2. Melatih Motorik halus dari Kelentukan Tangan Anak

Ketika anak sudah dibiasakan untuk menggambar ataupun mewarnai maka ia akan terlatih dalam menggengam pensil dan karayon. Oleh karena itu sewaktu ia berguru menulis kelak di SD ia tidak akan kaku lagi. Makara seharusnya sewaktu anak menggambar atau mewarnai diperhatikan dan dibantu cara memegang dan menggenggam pensilnya. Awalnya biarkan anak menggenggam mirip impian mereka yang penting mereka merasa nyaman, selanjutnya dibantu dan diarahkan cara memegang dan menggenggam pensil atau krayon yang bagus dan benar.

3. Membantu Anak mengenal warna dan campurannya

Pada aktivitas mewarnai gambar yang sudah anak buat, secara tidak langsung ia akan belajar perihal warna. Baik itu jenisnya, maupun kegunaanya, Seperti warna gelap untuk apa dan warna terang untuk apa.

4. Melatih fokus dan fokus anak

Setiap acara dan pekerjaan anak kelak di saat akil balig cukup akal, pasti mesti dijalankan dengan konsentrasi dan fokus yang besar. Anak yang sudah terbiasa berfokus pastinya tidak akan kesulitan lagi. Nah bunda aktivitas menggambar dan mewarnai ini juga dapat menolong melatih anak untuk meningkatkan fokus dan konsentrasinya.

5. Melatih Kesabaran pada anak

Menggambar dan mewarnai bukanlah hal yang gampang dan memerlukan proses. Oleh alasannya itu dengan acara ini anak dilatih kesabarannya menjalani proses dari awal sampai selesai aktivitas menggambar dan mewarnai. Bahwa untuk menciptakan sesuatu yang bagus dan indah itu tidaklah gampang namun melalui perjalanan dan proses yang membutuhkan konsistensi.

6. Mengasah tata cara motorik

Pada ketika menggambar maupun mewarnai metode motorik anak , terutama tangan dapat bekerja dengan baik. Melalui aktifitas ini otot-otot tangan akan bekerja dan terlatih untuk melaksanakan sesuatu. Sehingga dikemudian hari bila ia melaksanakan acara yang menggunakan tangannya ia tidak akan kaku dan gampang letih.

7. Melatih kreatifitas dan daya khayalan

Saat menggambar maupun mewarnai anak hendaknya diberikan kebebasan untuk menggambar apapun yang ia suka dan memwarnai sesuai warna yang ia pilih. Hal ini dalam rangka melatih kreatifitas dan daya imajinasi.

8. Melatih membuat target

Melalui aktivitas menggambar dan mewarnai ini anak juga dilatih membuat target, yakni sasaran gambar apa yang dibentuk, warna apa yang digunakan, berapa lama waktu yang dibutuhkan, serta akhirnya ingin seperti apa. Hal ini baik alasannya adalah kalau ia terbiasa membuat target semenjak kecil, kelak ketika ia besar ia tak akan kesulitan membuat sasaran lain dalam hidupnya.

9. Mengenalkan anak pada nilai estetika

Menggambar dan mewarnai merupakan suatu proses yang akan menciptakan suatu karya dengan nilai indah. Oleh alasannya itu sewaktu anak diajarkan dua hal ini ia sudah dikenalkan pada apa itu suatu keindahan, bagaimana cara menjadikannya, serta bagaimana cara mengapresiasinya.

10. Mengenalkan anak pada garis batas dan aturannya

Setiap gambar mempunyai garis batas/ tepi, sehingga ketika anak menggambar ia dilarang melebihi batas itu. Fungsinya biar gambar tampakrapi dan tidak melebar kemana-mana. Hal ini bisa saja dikaitkan bahwa segala sesuatu itu ada batasnya dan tidak boleh berlebihan. Anak disini diajarkan untuk disiplin dan konsisten dalam hal peraturan dan tata tertip yang ada lingkungannya.

Demikianlah 10 faedah menggambar dan mewarnai bagi anak usia dini , yang sungguh perlu bunda-ayah dukung dan bantu sehingga ananda sangat senang melakukannya. mudah-mudahan postingan ini berfaedah, terimakasih jangan lupa dishare ya bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *