Wed. Feb 1st, 2023

Membuat backlink berkualitas adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat halaman website mendapatkan ranking terbaik di mesin pencarian. Mayoritas orang mempunyai keinginan yang sama yaitu berada di peringkat halaman utama pencarian. Kebanyakan yang berada di page one adalah website yang memiliki metrik yang bagus dan konten yang berkualitas.

Backlink dapat membantu menaikkan sebuah peringkat authority website seperti DA (domain authority) dan PA (Page Authority) yang dikembangkan oleh pihak Moz sebagai parameter sebuah website dari kualitasnya maupun kepopulerannya. Kemudian ada juga UR (URL Rating) dan DR (Domain Rating) yang hampir sama seperti DA PA sebagai parameter sebuah website, tools ini dikembangkan oleh pihak Ahref.

Dengan Memperbanyak backlink atau tautan ke website sangat membantu mempercepat peningkatan authority website yang akan berpengaruh pada tingkat kepopuleran sebuah website. Semakin banyak backlink yang masuk ke webiste, itu akan dilihat mesin pencarian bahwa website tersebut sangat banyak direkomendasikan website lain menuju webiste Anda. Oleh karena itu biasanya akan diberikat peringkat halaman pada mesin pencarian sesuai seberapa kualitas dan banyaknya rekomendasi dari website lain.

Apa Tahapan Memilih Backlink Berkualitas ?

1. Memilih Berdasarkan Authority Website

Authority sebuah website juga adalah sebagai indikator untuk menentukan kualitas sebuah website yang akan di pasang backlink. Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa parameter seperti DA, PA, UR, DR adalah metrik yang bisa dijadikan acuan untuk menentukan backlink berkualitas, namun tidak semuanya pasti berkualitas. Untuk parameternya sendiri dari angka 0 – 100, yang artinya semakin tinggi angka tersebut maka semakin tinggi juga peringkat authority website tersebut.

2. Membuat Anchortext

Anchortext tidak kalah pentingnya serta manfaatnya dalam hal SEO. Anchortext sendiri adalah sebuah kalimat yang biasanya berasal dari kata kunci yang ditentukan dan berisi sebuah tautan atau link dalam kalimat atau kata tersebut. Hal ini sangat perlu diperhatikan dalam membuat backlink agar dapat kualitas yang baik.

Jenis anchortext juga beragam, salah satunya adalah keyword anchortext. Keyword anchortext adalah yang paling bagus dan aman di antara jenis lainnya. Metode ini sangat efektif dalam membantu keperluan SEO dan perangkingan.

3. Backlink Dofollow

Backlink dofollow ini sangatlah penting statusnya pada saat ditautkan pada wesbite yang dituju, karena dofollow dapat diartikan bahwa link tersebut aktif dan terhitung sebagai rekomendasi oleh mesin pencari maupun oleh algoritma pengembang metrik. Jenis backlink ini sangatlah kuat dan banyak sekali diterapkan oleh brand-brand ternama melakukan backlink seperti press release, content placement, sponsored post dan guest post untuk kebutuhan SEO website dari segi peningkatan authority ataupun optimasi peringkat halaman.

4. Rekomendasi Backlink

Bagi yang kesulitan menemukan dan mencari semua tahapan di atas, ada solusi baik yang bisa dijadikan opsi untuk mempermudah cara menemukan backlink berkualitas dan terpercaya dengan menggunakan jasa backlink dari platform Rajabacklink.

Rajabacklink adalah sebuah website yang memfasilitasi para advertiser dan para publisher untuk terhubung dan saling mendapat manfaatnya. Selain itu tingkat kredibilitas platform ini juga sangat baik, berdiri sejak tahun 2017 dan banyak sekali dari brand-brand ternama yang juga memakai jasa ini.

Sebagai advertiser mendapat kemudahan dalam mencari backlink dari puluhan ribu website dengan metrik dan juga harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan advertiser. Untuk fitur dan layanan yang diberikan juga sudah cukup lengkap. Satu hal lagi semua website yang terdaftar sudah terseleksi atau review manual dari adminnya, jadi pasti berkualitas dan tinggal memilih tingkatan kualitasnya.

Sebagai Blogger atau Publisher juga bisa mendapatkan manfaatnya yaitu dengan mendaftarkan website atau blognya. Cara registrasinya dan verifikasi cukup mudah dan cepat.

Tahapan ini hanyalah sebagian cara untuk mendapatkan atau memilih backlink berkualitas. Selain kualitas tentunya juga dibutuhkan kuantitas sebagai pondasi website untuk mendapatkan peringkat. Semakin banyak backlink yang masuk (inbound link) yang relevan dengan konten website utama, maka semakin mudah mesin pencarian menenukan nilai untuk wesbite tersebut.

Terima kasih, semoga bermanfaat!

By Safira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *