Wed. Feb 1st, 2023

Hai sobat Tipntrik bagaimana liburan kalian? Ada rekomendasi baru nih untuk wisata pantai Jawa Timur kali ini. Jember memiliki garis pantai yang membentang di tepi Samudera Hindia. dan seluruhnya menawarkan ciri khas yang berbeda-beda, dari yang berkarang, berpasir halus, terpencil hingga rumah bagi para penyu dan terumbu laut.

Apakah kamu ingin menjelajahi pantai populer atau menentukan rute tersembunyi dan naik perahu ke pulau terpencil? terserah selara kalian, dan semuanya bisa dikerjakan di Jember.

Beberapa pengelola wisata pantai di Jember menyarankan hadirin untuk tidak berenang alasannya adalah ombak yang kuat, dan sangat penting untuk memperhatikan imbauan ini demi keselamatan bareng.

Namun tergantung di mana kamu memilih lokasi pantai, beberapa pantai di Jember mungkin dilindungi dengan penjaga rekreasi, jadi menjadikannya lebih aman bagi keluarga untuk bermain air.

Rekomendasi Pantai di Jember

Ada banyak pantai cantik yang dimiliki Kabupaten Jember, tetapi Kepengenwisata menjajal untuk menyederhanakan opsi terbaik, dan berikut 6 pantai di Jember yang sedang hits dijelajahi :

1. Pantai Tanjung Papuma

Daftar Pantai di Jember
Credit foto : febyhasa / Instagram

Penduduk Jember mengenalnya dengan Pasir Putih Malikan, dan para turis familiar dengan sebutan Pantai Papuma.

Terletak di laut selatan Jawa, wisata Pantai Papuma Jember terkenal akan deretan pulau liarnya yang megah. ombak kuat dan begitu juga angin yang berhembus membuat pantai di Jember ini menjadi surga yang sempurna untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Wisata alam di Jember ini menyajikan garis pantai yang elok dan ukuran yang panjang menjorok menjadi dua bagian, disisi kiri yaitu berpasir dan penggalan kanan tanjung merupakan gumpalan watu karang.

Karena popularitasnya yang kian meningkat, selama demam isu piknik jalur menuju Pantai Papuma bisa menjadikan kemacetan yang tidak menggembirakan, tetapi kamu mungkin mampu mempertimbangkan hari kerja untuk kunjungan yang hening.

Di dalam wisata Pantai Papuma terdapat bukit dengan lintasan yang tenteram, dan cobalah mendakinya untuk mendapatkan beberapa spot pemandangan bahari yang indah.

Aktivitas lain di Tanjung Papuma Jember ini ialah menyewa bahtera, untuk mendekati beberapa pulau manis.

Makanan dan minuman khas pantai dijamin di sini, mirip es kelapa maupun ikan bakar segar. Pantai Papuma adalah yang paling terkenal di Jember untuk rekreasi alam, tetapi ada pantai lain di dekatnya yang tidak kalah indahnya, yakni Watu Ulo.

Lokasi : Jl. Tanjung Papuma, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tiket : Rp. 10.000 ,- (biaya masuk mampu berubah ketika masa liburan)

2. Pantai Watu Ulo

Pantai di Jember
Credit : ryafs / Instagram

Daya Tarik Pantai Watu Ulo Jember adalah kerikil panjang ibarat sisi badan ular dan ini merupakan tempat di mana ombak selalu bergoyang.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, lokasi Pantai Watu Ulo berada di samping dari Pantai Tanjung Papuma, jadi kamu mampu sekalian mengagendakan kunjungan keduanya di saat berada di wilayah selatan Jember atau di Kecamatan Ambulu.

Pantai Watu Ulo tidaklah luas tetapi apa yang kurang dalam ukuran jika kecantikannya sangat istimewa saat matahari terbit dan terbenam, pantai ini yaitu tujuan yang menawan dan mengagumkan kontras dengan panorama bahari dari Samudera Hindia.

Beberapa acara di wisata alam Pantai Watu Ulo tergolong memancing , berjemur, berperahu, berfoto serta bermain di pasir hitamnya.

Lokasi : Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Jember.

Tiket masuk : Hanya Rp. 7.500 ,- / orang.

3. Teluk Love

Pantai di Jember
Credit : amos.ck / Instagram

Teluk Love mungkin menjadi salah satu pantai yang paling banyak dibicarakan di Jember, yang artinya wisata alam ini begitu terkenal selain Pantai Papuma.

Pesona lekukan teluknya yang menyerupai bentuk hati sangat indah lihat, dipagari oleh bukit menyampaikan aura romantis bagi siapapun yang tiba mengunjunginya, khususnya para cukup umur yang di mabuk asmara.

Selain terkenal dengan bentuk teluk yang anggun, wisata alam terhits di Jember ini juga menyajikan hamparan pasir coklat yang berkilauan dan juga ombak yang relatif tenang kalau dibanding pantai lainnya di Jember.

Tergantung ke mana tujuanmu di Jember, Teluk Love sangat wajib dikunjungi, bahkan bila kau harus menyempatkan beberapa jam perjalanan ekstra untuk mencapainya.

Alamat : Pantai Teluk Love terletak di Jl. Ambulu – Watu Ulo, Dusun Sido Mulyo, Desa Sumberrejo , Ambulu, Jember.

Tiket : Rp. 7.500 ,- per orang.

4. Wisata Alam Pantai Payangan

Pantai di Jember
Image source : officialwisataindonesia / Instagram

Dikelilingi oleh formasi batuan megah yang menjorok dari lautan dan menggumpal di bibir pantai , obyek wisata alam Pantai Payangan akan membuatmu kagum ketika melihatnya.

Karena memang spot terbaik dari Pantai Payangan Jember merupakan karang bukitnya di tepi laut yang biasa diketahui dengan Bukit Seruni, Samboja, serta Bukit Suroyo.

Lokasi Pantai Payangan berjarak sekitar 32 kilometer dari sentra kota, atau tepatnya berada di Kecamatan Ambulu. dinamakan demikian karena destinasi pantai di Jember ini terletak di Dusun Payangan.

Keramaian tempat liburan alam ini tergantung pada ketika kapan kalian datang, alasannya adalah sepi atau penuh sesak itu tergantung waktu kalau di hari piknik, mungkin suasananya kurang tenteram.

Satu lagi, Pantai Payangan juga berada di sisi lokasi wisata pesisir hits yaitu Teluk Love dan apakah kamu ingin menyia-nyiakan kesempatan mendatangi dua surga pantai terbaik Jember ini? secepatnya jadwalkan petualangmu!

Alamat : Jl. Sidomulyo, Dusun Sido Mulyo, Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Tarif tiket : Sekitar Rp. 7.500 ,-

5. Wisata Alam Pantai Bandealit

Pantai di Jember
Credit : tejo_warsito / Instagram

Taman Nasional Meru Betiri di Jember yaitu hutan tropis yang merupakan tempat santunan bagi tumbuhan fauna serta rumah bagi beberapa pantai eksotis yang belum tersentuh banyak telapak kaki insan dan salah satu tujuan pantai terbaik di Merubetiri merupakan Pantai Bandealit.

Terletak sekitar 64 kilometer di arah selatan sentra Kabupaten, Pantai Bandealit yaitu pantai tersembunyi di Jember, wisata pantai ini begitu mempesona, yang ditandai dengan pasir putih kristal yang khas serta pepohonan berakar panjang yang lebat daun yang seakan tumpah ke maritim.

Untuk petualangan ke pantai terpencil di Jember ini dibutuhkan setidaknya 3 jam, yang mencakup jalanan makadam, perbukitan hingga melewati sungai dan pada umumnya dari mereka yang berkunjung menggunakan kendaraan langsung yang siap dengan medan terjal, atau menyewa kendaraan adventure sekitar 800 ribu rupiah yang memuat hingga 5 orang.

Para hadirin yang datang ke Pantai Bandealit Jember biasanya menginap di penginapan maupun mendirikan tenda camping untuk keseruan jelajah, pantai ini memperlihatkan wahana permainan kano, surfing hingga jalan-jalan ke tempat konservasi penyu.

Dan pastinya dari sekian jumlah pantai di Jember, Bandealit yakni salah satu hidden paradise yang di impikan setiap pecinta alam dan tidak aneh juga jikalau banyak turis mancanegara rela merogoh biaya dalam untuk berpetualang ke pantai tersembunyi di Merubetiri ini.

Lokasi : Area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember.

Biaya masuk : Rp. 5.000 ,- tiap orang.

6. Pantai Nanggelan

Pantai di Jember
Credit : syi_sil / Instagram

Pantai Nanggelan yaitu wisata alam tersembunyi lainnya di Jember yang mempunyai panorama menakjubkan, untuk hingga ke tempat indah ini diharapkan banyak energi dan perjuangan.

Ada setidaknya dua hingga tiga rute yang mampu di pakai para petualang untuk mencapai pantai tercantik Jember yang satu ini, yang pertama melalui jalur Curahnongko atau perkebunan kopi dan rute yang lain ialah dari perkampungan Desa Sumberrejo di Ambulu dengan jalan berpasir yang sempit tetapi tenteram dilintasi serta minim rintangan.

Pantai Nanggelan Jember mempunyai panorama alam yang cukup memanjakan mata dari pasir putihnya, bebatuan karang, lebat pepohonan. dan sesuai predikatnya selaku permata tersembunyi, pantai di selatan Jember ini juga di tutupi oleh perbukitan indah.

Karena keberadaan pantai ini yang sulit diraih, saran terbaik adalah membawa bekal sebelum berangkat sebab prasarana fasilitas belum sepenuhnya dibangun di Pantai Nanggelan.

Lokasi : Pantai Nanggelan terletak di Jala Cagak Indah, Curahnongko, Tempurejo, Jember, Jawa Timur.

Akhir kata, beberapa pilihan pantai Jember di atas hanyalah sedikit tujuan wisata alam yang ada di wilayah ini, alasannya adalah masih ada banyak lagi pesisir eksotis yang mampu didapatkan, misalnya ; Pantai Puger yang identik dengan menara mercusuarnya, kemudian rekreasi Pantai Rowo Cangak yang memperlihatkan lintasan jembatan gantung elok.

By Karlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *