Tue. Nov 29th, 2022

Halo sobat sehat Tipntrik, Pasti kalian tidak asing mendengar kata radikal bebas yang sering kali kita temukan, terutama ketika melihat orang yang sedang merokok. Oleh karena itu kita butuh suatu makanan sebagai asupan penangkal radikal bebas tersebut atau makanan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan sangat dibutuhkan olehtubuh untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker. Antioksidan juga berfungsi memperlambat penuaan. Banyak makan makanan antioksidan dapat membuat seseorang lebih awet muda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang banyak mengandung antioksidan.

Jenis Makanan Dengan Kandungan Antioksidan

1. Brokoli

Brokoli memiliki zat alami untuk mencegah dari penyakit jantung dan kanker. Sayuran sejenis lain seperti kol, kembang kol, dan kubis juga memiliki manfaat yang sama dan dapat mengurangi resiko kanker payudara.

2. Tomat

Antioksidan dalam tomat dipercaya dapat menangkal berbagai jenis kanker. Tomat mengandung antioksidan lycopene dan glutathione. Lycopene ini berfungsi mencegah kanker paru-paru, kanker payudara, dan penyakit usus besar. Sedangkan glutathione berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung banyak antioksidan yang mampu menangkal kanker, penyakit jantung, dan mencegah penuaan dini. Bawang putih bermanfaat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, menangkal radikal bebas dan menjaga darah dari pembekuan.

4. Anggur merah

Resveratrol dan quercetin yang banyak ditemukan di anggur merah ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga jantung kita berdetak lebih lama. Antioksidan dalam anggur merah juga berguna untuk membuang radikal bebas, mengurangi agregasi trombosit dan membantu pembuluh darah tetap terbuka dan fleksibel.

5. Bayam

Bayam terkenal kaya akan nutrisi dan zat besinya. Bayam juga mengandung banyak antioksidan. Lutein bayam (antioksidan yang terkandung dalam bayam) adalah pigmen utama di daerah makula. Lutein ini dapat membantu menjaga penglihatan mata.

Orang yang makan bayam cenderung untuk mengembangkan katarak dan degenerasi makula. Lutein bekerja dengan melindungi retina dari kerusakan akibat sinar matahari dan melawan radikal bebas yang dapat membahayakan mata.

Itu tadi adalah 5 makanan yang mengandung antioksidan. Sebenarnya masih ada lagi seperti teh, wortel, kedelai, dan gandum. Makanan tersebut mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Yuk, konsumsi makanan antioksidan yang banyak mulai hari ini!

By Herlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *