Tue. Nov 29th, 2022

Halo sobat finansial Tipntrik, Berbicara dalam mengelola keuangan dan cara bijaksana dalam menggunakan sangatlah penting. Kunci untuk membangun kekayaan yakni dengan patuh kepada anggaran dan membelanjakan duit dengan bijaksana.

Apa saja yang termasuk pengeluaran bijak? Jika Anda membeli motor apakah itu bijaksana? Jika Anda makan setiap selesai pekan di restoran mahal apakah itu bijak? Inilah klarifikasi sederhananya. Membeli suatu benda bisa jadi bijak atau cuma membuang-buang uang.

Bijaksana Dalam Pengeluaran Sehari Hari

Contohnya kalau Anda berbelanja motor baru untuk mengurangi ongkos transportasi, dan selaku kendaraan utama untuk mengantar anak-anak ke sekolah, maka ini yakni cara bijaksana membelanjakan duit. Tetapi kalau Anda membelinya cuma sebab ada motor keluaran gres yang dikeluarkan pabrik Yamaha, sedangkan Anda telah punya motor lain yang masih manis, itu merupakan bentuk lain pemborosan.

Pengeluaran yang bijak ialah pengeluaran yang memiliki argumentasi kuat di balik pembelian tersebut. Jika Anda tidak membelinya, ritme hidup Anda terganggu. Secara garis besarnya, terdapat empat kunci pengeluaran bijak yaitu : wajib, penting, manis, dan tidak memiliki kegunaan. Setiap kali Anda berbelanja cantumkan klasifikasi tersebut pada bukti pengeluaran belanja Anda.

1. Pengeluaran Pokok

Kategori pertama yakni pengeluaraan wajib. Suka atau tidak senang Anda wajib membayar tersebut. Pengeluaran wajib tersebut misalnya: belanja  sembako (beras, minyak sayur, gula, telur, lauk pauk, teh, kopi), biaya tagihan listrik, PDAM, gas, iuran kebersihan, iuran keselamatan, ongkos trasportasi, biaya paket internet / pulsa ponsel, dan iuran BPJS Ketenagakerjaan.

2. Pengeluaran Tambahan

Kategori kedua pengeluaran penting. Benda-benda yang dibeli dalam kategori ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Anda, contohnya: langganan koran, buku, speedy internet, tv kabel, biaya perawatan badan, biaya fitness, dan lain sebagainya.

3. Pengeluaran Opsional

Kategori pengeluaran ketiga ialah cantik. Pengeluaran dalam klasifikasi cantik, yakni menghibur keluarga Anda semoga tidak jenuh. Misalnya : nonton film di bioskop sebulan sekali, makan di kedai makanan, jalan-jalan ke kawasan wisata, merayakan ulang tahun dan membelikan mereka kado pada hari spesial tersebut.

Lalu apa saja yang termasuk kategori tidak berguna? Nah , itu sederhana sekali. Hal-hal apa pun yang tidak menambah laba hidup Anda dan keluarga secara faktual. Misalnya : merokok, memodifikasi motor matik Anda menjadi bertenaga 200 cc, mengubah knalpot menjadi racing (khusus untuk motor balap), kecuali Anda Jorge Lorenzo, atau Valentino Rossi dan ingin dikejar-kejar polisi kemudian lintas.

Hemat kata Anda membuang duit untuk sesuatu yang tidak berguna dan hanya menyulitkan diri Anda dan orang lain.

4. Pengeluaran Minim Manfaat

Empat jenis pengelompokan ini akan berbeda bagi tiap-tiap individu, apa yang wajib bagi Anda mungkin bagus untuk orang lain. Anda mesti berani jujur pada diri sendiri dikala menggolongkan pengeluaran bijak ini. Jika Anda membelanjakan duit Anda untuk hal-hal yang tidak berkhasiat dan menggolongkan  pembelanjaan tersebut dalam pengeluaran penting, maka Anda secara sadar merusak ritme hidup Anda. Misalnya : Anda berbelanja rokok satu dus sementara beras di rumah habis.

Lewat postingan ini mudah-mudahan Anda paham empat kategori pengeluaran bijak dan berani jujur pada diri sendiri. Selamat menjajal.

By Guntur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *