Tue. Nov 29th, 2022

Di dataran berbukit di sebelah Samudera Hindia, Kabupaten Kebumen yang makmur di Jawa Tengah ini mengambil namanya dari sejarah Pangeran Mangkubumi pada masa kolonial. nama Kebumen mungkin tidak sepopuler Semarang, tetapi alam di sini sangat menarik hati untuk dinikmati, yang tentu merupakan tempat bagi sejumlah goa, wisata pantai, penderasan, spot bukit sampai wisata keluarga yang menakjubkan.

Kebumen yaitu Kabupaten yang hening dan sejuk, berisikan taman yang luas dan ruang alami hutan. namun juga memiliki beberapa wahana untuk keluarga di sentra kotanya.

Di tepi maritim selatan Jawa adalah hamparan pantai yang sangat dicintai para penjelajah alam, dan tentu Kebumen memperlihatkan banyak keseruan serta keindahan untuk dilihat dan dirasakan sebagai tujuan piknik.

Daftar Objek Wisata Lagi Booming Di Kebumen

Singkatnya, Kepengenwisata sudah merangkum 15 tujuan wisata di Kebumen yang lagi hits di 2022. untuk memudahkanmu dalam memilih mana yang menawan dikunjungi;

1. Pantai Watu Bale

Rekomendasi destinasi wisata di Kebumen yang pertama yaitu Pantai Watu Bale, lokasinya bersebelahan dengan Pantai Lampon. jika dari pusat kota, perjalanan ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Pantai Watu Bale di Kebumen menghadirkan hamparan pasir hitam, pepohonan kelapa yang menjulang indah, dan diapit oleh tebing bukit yang menawan.

Disisi kiri pantai terdapat jalur menaiki bukit atau yang terkenal disebut tebing titanic, yang merupakan tempat hits menikmati seluruh keindahan pantai dari atas sambil berselfie ria.

Mengunjungi Pantai Watu Bale menjadi kesenangan tersendiri, jalanan yang berkelok-kelok indah menjadi penyejuk fikiran. tetapi keadaan kendaraan juga mesti diamati.

Lokasi : Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Tiket masuk : Rp. 10.000,- dan parkir Rp. 3.000,- per motor.

2. Pantai Karang Agung

Masih bernuansa wacana alamnya, kalian juga mampu mengunjungi Pantai Karang Agung yang juga berada tak jauh dari Pantai Batu Bale di Kecamatan Ayah.

Letaknya dibalik bukit, kondisinya juga masih alami. Pantai Karang Agung terdiri dari pasir dan bebatuan kerikil. namun yang paling mengesankan merupakan penampakan kerikil karang raksasa di tepi laut.

Untuk meraih wisata Pantai Karang Agung, kalian perlu sedikit mengkremasi kalori. keadaan jalan kesini sedikit ekstrem dan cuma bisa di akses oleh kendaraan motor, dan berlanjut jalan kaki singkat. selain itu, fasilitas wisata juga belum sepenuhnya terlihat. jadi mesti mempertimbangkan bekal sebelum berangkat.

Karena akses untuk menempuh pantai ini tergolong tidak gampang, menjadikannya kurang ramai kunjungan. dan tentu memberi keuntungan bagi sebagian orang untuk menyisih mendamaikan diri.

Para pecinta alam yang tiba kemari biasanya mengisi kegiatan dengan berfoto, menikmati kesegaran angin pantai, dan ada juga yang bercamping.

Lokasi : Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Tarif tiket : Rp. 10.000,- tiap orangnya.

3. Kampoeng Etnik Kebumen

Tidak cuma identik dengan wisata alam pantainya yang memesona, Kebumen juga mempunyai hidangan khusus penginapan bungalow yang kini dikembangkan menjadi objek wisata bertema taman berfoto.

Mengusung konsep entik suku pedalaman, Kampoeng Etnik mendatangkan keunikan untuk membahagiakan para pengunjungnya. objek piknik ini bisa kalian dapatkan di kawasan Pejagoan.

Entah kalian berlibur dengan keluarga atau kekasih, Kampung Etnik pantas diperhitungkan untuk dikunjungi. karena ada begitu banyak spot selfie yang disediakan oleh obyek wisata hits di Kebumen ini.

Untuk kegiatan berfoto, Kampoeng Etnik Kebumen menyajikan; spot balon udara, huruf patung binatang, taman bunga, spot spedah hias, bangunan unik yang disertai sewa baju adab, dan desain kece lain.

Bagi para rombongan keluarga, mereka akan mendapatkan beberapa permainan seru, misalnya; kolam renang waterpark, tempat pemancingan, permainan bahtera karet, spedah air, flying fox dan wahana menantang yang lain.

Fasilitas yang ditawarkan wisata keluarga di Kebumen ini juga cukup lengkap, menjadikannya tujuan berlibur sehari penuh yang mengasyikkan saat berada di Kebumen.

Alamat : Legok Lor, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Jawa Tengah.

Tiket : Hanya Rp. 10.000,- per orang.

4. Bukit Pentulu Indah

Menurut para turis, Bukit Pentulu Indah mempunyai namanya lantaran pemandangannya yang anggun. dan tentu saja merupakan tujuan healing di Kebumen yang menawan dikunjungi.

Bukit Pentulu Indah Kebumen dihuni oleh barisan pepohonan pinus yang harum dan menyejukkan. juga dilengkapi dengan lintasan pejalan yang nyaman serta banyak tempat santai untuk istirahat.

Tempat piknik alam ini juga populer dengan kegiatan berkemahnya. mereka yang menginap biasanya para anak muda dan tidak sedikit pula para rombongan keluarga.

Untuk mengunjungi wisata alam bukit ini , pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan naik turun berkelok-kelok. namun seluruhnya menyenangkan karena hijau pohon hutan serta aliran sungai bakal mengawal petualanganmu ke tempat paling indah di Kebumen ini.

Lokasi : Kaligading, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen.

Tiket : Rp. 10.000 ,-

5. Hutan Mangrove Kebumen

Tujuan piknik Kebumen yang menggembirakan selanjutnya ialah Hutan Mangrove di Kecamatan Ayah. salah satu tempat lindungan pesisir atau hutan bakau yang kini dimanfaatkan selaku tempat rekreasi.

Seperti kebanyakan wisata Hutan Mangrove lainnya, di sini juga disediakan jembatan kayu bagus yang membelah hutan bakau. yang tentu saja menunjukkan kesenangan tersendiri bagi yang melintasinya.

Jika itu kurang mengesankan, cobalah menyewa bahtera untuk kegiatan seru menyusuri hutan.

Jalan-jalan di Hutan Bakau Kebumen memang mengasyikkan untuk dilaksanakan. terlebih keadaan akomodasi di tempat ini juga tergolong lengkap seperti; toilet, warung seafood, gazebo dan prasarana penunjang liburan lainnya.

Alamat : Jalan Ayah – Karangbolong Argopeni, Desa Jetis, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

Tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang. kemudian untuk sewa wahana perahu Rp. 20.000,-

6. Pantai Menganti

Sekitar 43 kilometer arah barat daya Kebumen, terdapat pantai eksotis yang terselip indah di antara bukit bernama Pantai Menganti.

Bagi masyarakatKebumen, Pantai Menganti bukanlah tujuan liburan yang gres. tetapi tetap menjadi favorite utama wisata, itu semua karena perpaduan lautan, bukit dan spot selfienya yang menggiurkan.

Lokasi : Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Tiket : Weekday Rp. 12.500,- dan dikala masa piknik Rp. 17.000,- / orang.

7. Water Park Gading Splash

Wisata modern di Kebumen yang didirikan sekitar pertengahan 2021 ini sudah mencuri banyak perhatian para wisatawan, lantaran Gading Splash mempunyai lebih dari 150 spot berfoto.

Aneka spot berfoto yang ada di Gading Splash contohnya; replika bangunan Eropa, bangunan Mandarin, miniatur menara Eifel, dan spot keren lainnya.

Seperti namanya, tempat wisata terbesar di Kebumen ini juga memperlihatkan wahana kolam renang waterpark yang mampu dirasakan oleh segala usia, dari anak kecil hingga orang akil balig cukup akal.

Suasana sekeliling Gading Splash Kebumen merupakan pepohonan besar yang lebat, mengakibatkan objek wisata ini cukup sejuk dan segar.

Lokasi : Kelurahan Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Tiket : Hari biasa Rp. 20.000,- kemudian final pekan Rp. 25.000,- / orang.

8. Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna di Lembupurwo belakangan ini memang sedang naik daun. spot wisata alam Kebumen yang satu ini menampilkan panorama danau kecil yang indah, dikelilingi oleh pasir di tepi maritim sehingga mirip seperti laguna di padang pasir.

Wisata Pantai Laguna berada di arah tenggara pusat Pemerintahan Kebumen atau jarak kira-kiranya kurang lebih 30 menit, membutuhkan waktu sekitar 45 menit memakai motor.

Ketika cuaca cerah, kau mampu berfoto di laguna dengan latar belakang birunya lautan. tetapi sayangnya untuk meraih Pantai Laguna di Kebumen ini sedikit membutuhkan tenaga ekstra, namun seluruhnya sebanding dengan perjuangan.

Alamat : Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

Tiket : Sangat murah semarak hanya Rp. 2.000,- saja.

9. Goa Jatijajar

Rasanya belum tepat kalau ke Kebumen namun nggak main ke Goa Jatijajar. terowongan kerikil alam yang berlokasi di jalan Jatijajar, Palamarta, Kecamatan Ayah ini memang sarat akan keindahan alam.

Konon keberadaan goa ini awal mula didapatkan sekitar 1802 oleh seorang petani. dan dari ketika itu sampai kini, tempat wisata andalan Kebumen ini sudah mengalami pengembangan beberapa kali, terutama pada jalur lintasan goa dan area taman.

Goa kapur di Kebumen yang satu ini memiliki ukuran panjang 250 meter dengan rata-rata lebar 15 meter.

Untuk menambah situasi menawan, Goa Jatijajar juga dihiasi dengan beberapa lampu warna-warni. dan tentu tak cuma sebagai petualangan namun juga seru menjadi area berburu foto-foto keren alam.

Lokasi : Jl. Jatijajar, Palamarta, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

Tiket : Rp. 12.500,-

10. Benteng Van Der Wijck

Nah, tidak jauh dari Waduk Sempor, terdapat spot bangunan sejarah unik yang mampu kau kunjungi, Benteng Van Der Wijck namanya. lokasinya berada di kawasan Gombong, Kebumen.

Menurut catatan sejarah , permulaan mula benteng di Kebumen ini bernaman Fort Cochius yang difungsikan sebagai kantor jual beli VOC, dan dialih kegunaan menjadi sekolah militer, hingga tempat pertahanan para serdadu Belanda.

Saat ini Benteng Van Der Wijck dikontrol menjadi Cagar Budaya oleh Pemkab Kebumen. kau bisa tiba melihat eksklusif bangunan renta peninggalan zaman kolonial ini dengan membayar ongkos masuk sekitar 25 ribu rupiah.

Alamat : Sidayutengah, Sidayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

11. Pantai Karang Bolong Kebumen

Di Indonesia utamanya Pulau Jawa, sering sekali kita mendengar nama pantai dengan istilah Karang Bolong, dan salah satunya berada di wilayah Kebumen.

Seperti penamaanya, wisata alam ini memiliki bukit karang yang berlubang di tepi laut. lokasinya berada di Kecamatan Buayan atau berada tepat di sebelah wisata Pantai Suwuk yang cuma terpisah oleh muara sungai.

Untuk sekarang saluran ke Pantai Karang Bolong Kebumen termasuk mudah dilalui, dan bahkan bagi para keluarga yang mengajak anak.

Tidak hanya populer dengan terowongan bukit karang pantai saja, Pantai Karang Bolong di Buayan ini juga terkenal dengan pasir halusnya yang indah, spot fotonya yang instagramable dan ombaknya yang selalu menari dengan suara lantang.

Lokasi : Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen.

Tiket : Rp. 6.500,- di hari biasa dan Rp. 10.000,- di saat isu terkini liburan.

12. Pemandian Air Panas Alam Krakal

Menurut penelitian, sumber Air Panas Krakal tidak berasal dari kegiatan gunung, melainkan dipicu oleh efek konduksi panas dari sumber magma yang titik lokasinya berada dibawah tanah dikedalaman sekitar 1 kilometer lebih.

Seperti pada umumnya air panas alam, air di pemandian Krakal juga sagat bermanfaat bagi kesehatan badan.

Meskipun biasanya orang datang kemari untuk terapi kesehatan, namun pemandian di Kebumen atau Air Panas Krakal ini cocok selaku alternatif liburan lantaran bisa mendamaikan jiwa dari padatnya aktivitas kerja.

Alamat : Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

Tiket masuk : Hari biasa Rp. 10.000,- dan akhir pekan Rp. 15.000,-

13. Pantai Sawangan

Pantai Sawangan di Kebumen lokasinya mungkin kurang menawan bagi pelancong keluarga karena letaknya yang terpencil. namun media sosial sudah memainkan peranan penting terhadap ketenaran pantai fantastis ini.

Alam di sini sudah membentuk pantai ini secara sempurna, dengan lekukan bukit kapur yang menjulang gagah. pasirnya juga sangat lembut, memberi kenyamanan pada pijakan.

Vegetasi liar memberi kesempurnaan warna, dan ketika kemari berdirilah di atas gardu spot fotonya, bentangkan tangan dan rasakan kesegaran angin lautnya.

Perjalanan menuju Pantai Sawangan mungkin menyedot banyak energi, yang mana perlu trekking dan hanya mampu dilalui motor. itu sebabnya pantai ini sering disebut wisata tersembunyi.

Lokasi : Tanjung Nagasari, Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

Tiket : Weekday Rp. 7.500,- dan weekend Rp. 10.000,-

14. Pantai Lampon

Lokasi Pantai Lampon bersebelahan dengan Pantai Watu Bale. itu artinya mampu menjadi pilihan paket wisata pantai Kebumen yang mampu dikunjungi dalam satu arah.

Daya tarik Pantai Lampon yakni bukit tepi lautnya yang dihiasi gugusan gazebo, dan spot berfoto. meski pasir dan batuan karang juga sangat mengagumkan untuk dicicipi.

Apakah kalian suka berkemah di tepi pantai? wisata alam ini sangat patut kalian fikirkan.

Alamat : Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Tarif tiket : Akhir pekan Rp. 10.000,- dan di hari kerja Rp. 5.000,- serta untuk camping Rp. 15.000,-

15. Bukit Hood

Melihat tepi bahari dari ketinggian yang digaris indah oleh alam di Bukit Hood yaitu yang paling viral di Kebumen.

Bukit Hood merupakan perbukitan kapur di pesisir bahari di wilayah Karangbolong. dengan tinggi 150 meter yang dilengkapi dengan tempat observasi berupa kupu-kupu.

Tempat ini mampu diakses dengan kendaraan kendaraan beroda empat maupun motor. dan jaraknya dari loket tiket hanya sekitar 7 menit, pengunjung yang tiba perlu mendaki bukit.

Alamat : Dusun Karangtengah , Desa Karangbolong, Buayan, Kebumen.

Biaya masuk : Rp 10.000,-

By Karlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *